Pedoman Pembuatan Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun Ajaran 2019

Di tahun ajaran 2019 ini bapak ibu guru terutama dalam membuat rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 harusmengetahui beberapa tambahan penting. Pengertian SMK sendiri adalah Sekolah Menengah Kejuruan sehingga dapat disimpulkan bahwa pelajaran yang harus dikuasai yang lebih adalah pelajaran kejuruannya. Pelajaran yang didapat sebenarnya layaknya pelajaran biasa. Contohnya: matematika,IPS,Bahasa Indonesia tapi yang diutamakan adalah kejuruan yang diambil. Pelajaran yang seharusnya diterapkan pada peserta didik ialah praktek. Yang pertama disebabkan karena praktek yang mungkin buat bukan untuk melanjutkan ke pekerjaan membuat peserta didik lebih senang dengan adanya kegiatan tersebut.

Bagaimana dengan perubahan yang terjadi saat pembuatan rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 ? Sebenarnya kurikulum 2013 revisi 2017 tidak beda jauh dengan kurikulum 2016. Hanya saja dalam kurikulum tersebut mempunyai perubahan yang dianggap oleh pemerintah jauh lebih baik dipelajari dari sebelumnya. yaitu tambahan adanya HOTS, 4C, LITERASI, DAN PKK yang wajib anda ketahui sebagai berikut :
 HOTS atau Highter Order Thinking Skill
Pada kurikulum 2013 menekan adanya integrasi HOTS dalam pembelajaran. Hal yang ditujukkan adalah agar peserta didik menerima pelatihan bukan hanya sekedar kemampuan mendasar dalam suatu pembelajaran. Harapan yang ditaruh adalah bisa bersaing dalam teknologi global saat ini.
 4C adalah Creative, Critical Thinking, Communicative, Collaborative.
Pada kurikulum 2013 mengharapkan peserta didik dapat mengenai kemampuan 4C. Kemampuan dalam berkomunikasi,kreatif, berfikir kritis dan berkolaborasi yang menjadikan bekal untuk peserta didik.
 LITERASI
Literasi yang diinginkan oleh kurikulum 2013 adalah agar menjadikan literasi hal kebiasaan dan penting dalam hidup. Sehingga kemampuan literasi harus disisipkan dalam setiap pembelajaran. Jika peserta didik membiasakan literasi kemungkinan besar akan membuatnya menjadi peserta yang berprestasi.
 PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)
Mengenai pendidikan karakter yang harus ditingkatkan. Dalam sekolah kejuruan pasti akan diadakan PPK untuk meningkatkan 5 karakter penting. 5 karakter tersebut karakter religius, nasionalis, integrasi, gotong royong dan mandiri.

Sebenarnya tujuan sekolah di SMK itu apa? Mereka yang bersekolah di SMK memiliki tujuan yang sama. Mengerti bagaimana rasanya terjun langsung di tempat kerja yang biasa disebut Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sehingga sekolah-sekolah akan selalu mengadakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) buat yang sekolah di kejuruan. Dengan target ingin menguasai dan mengikuti perkembangan terkait dengan kejuruan yang diminati. Selain itu banyak juga yang didapatkan dengan contoh membuka usaha kerwirausahaan sendiri. Baca juga : rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 , untuk info lebih lanjut. Semoga artikel kami berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s